Kamis, 26 Agustus 2010

APAKAH ANDA TIDAK TERTIPU ATAS PEMBELIAN BARANG -BARANG MICROSOF/PERANGKAT LUNAK KOMPUTER

Apakah Sertifikat Keaslian (COA) itu?

Sebuah Sertifikat Keaslian (Certificate of Authenticity - COA) adalah label untuk membantu mengidentifikasi keaslian piranti lunak Microsoft. Tanpa label ini, Anda tidak akan mendapat lisensi resmi untuk menjalankan piranti lunak Microsoft. Sebuah COA bukanlah lisensi piranti lunak; dia adalah identifier visual yang membantu menentukan apakah piranti lunak Microsoft yang Anda jalankan asli ataukah tidak. Sebuah COA tidak akan pernah bisa dibeli secara sendirian tanpa membeli piranti lunak yang harus dibuktikan keasliannya.

Untuk membantu Anda memverifikasi keaslian perangkat lunak Microsoft yang Anda miliki, pastikan bahwa perangkat lunak Anda memiliki salah satu dari COA berikut (atau versi yang sebelumnya) dan bahwa COA tersebut memiliki fitur-fitur anti-pemalsuan tingkat lanjut seperti yang dijelaskan di atas.
COA Piranti Lunak Eceran
COA Piranti Lunak Eceran
perbesar | Lihat versi sebelumnya

COA Piranti Lunak Eceran
perbesar | Lihat versi sebelumnya

Untuk pirati lunak yang dibeli secara terpisah dari PC melalui saluran eceran, label COA akan ditempelkan pada sisi atas dari paket pirati lunak.

Di sebelah kiri adalah contoh dua tipe COA perangkat lunak eceran yang kini tersedia. Jika COA Anda tidak sama dengan salah satu contoh, maka yang Anda miliki adalah versi terdahulu.

COA pertama di sebelah kiri dapat ditemukan tertempel pada kemasan perangkat lunak ukuran biasa. Information lebih lanjut

COA kedua di sebelah kiri dapat ditemukan mengelilingi bagian atas kemasan perangkat lunak ukuran kotak DVD. Information lebih lanjut
COA Windows Prainstal untuk Manufaktur Besar
COA Windows Prainstal untuk Manufaktur Besar
perbesar | Lihat versi sebelumnya dan bandingkan yang sekarang

Untuk perangkat lunak Windows yang sudah diinstal sebelumnya oleh manufaktur besar (juga dikenal dengan Original Equipment Manufacturer atau OEM) pada komputer, COA seharusnya ditempelkan di badan komputer. COA berisi kode kunci produk 25-karakter, yang mungkin akan diminta jika instalasi ulang diperlukan.
Information lebih lanjut
COA Windows Prainstal untuk Manufaktur Kecil
COA Windows Prainstal untuk Manufaktur Kecil
perbesar | Lihat versi sebelumnya dan bandingkan yang sekarang

Untuk perangkat lunak Windows yang sudah diinstal sebelumnya oleh manufaktur kecil (juga dikenal dengan Perakit Sistem) pada komputer, COA seharusnya ditempelkan di badan komputer. COA berisi kode kunci produk 25-karakter, yang mungkin akan diminta jika instalasi ulang diperlukan. Sebagian Perakit Sistem menyertakan perangkat lunak Windows bersama komputer baru namun belum diinstal. Komputer ini seharusnya disertainya dengan COA Windows Prainstal.
Information lebih lanjut
COA Windows Prainstal Polesan
COA Windows Prainstal Polesan
perbesar

Pemoles Resmi Microsoft yang melakukan pra-instal Windows XP Home Edition untuk PC Polesan atau Windows XP Professional untuk PC Polesan memasang COA pada badan komputer. COA berisi nama produk Microsoft yang tercetak di dekat bagian atas label dan kode kunci produk 25 karakter, yang akan diperlukan jika instalasi ulang diperlukan.
Information lebih lanjut
COA Piranti Lunak Non-Windows yang Telah Terpasang
COA Piranti Lunak Non-Windows yang Telah Terpasang
perbesar | Lihat versi sebelumnya dan bandingkan yang sekarang

Untuk perangkat lunak non-Windows (misalnya Microsoft Office) yang disertakan pada pembelian komputer, COA harus disertakan bersama disc pemulihan sistem Anda atau kemasan Office Ready PC.
Information lebih lanjut
COA untuk Windows yang Tertanam
COA untuk Windows yang Tertanam
perbesar

Untuk perangkat lunak Windows yang sudah diinstal sebelumnya pada PDA dan perangkat kecil lainnya, COA dapat ditempelkan pada badan perangkat atau di bawah baterai. Yang tercetak pada label adalah nama produk dan nomor seri.
Information lebih lanjut
Jangan sampai menjadi korban pembelian COA sendirian

Jika Anda menerima tawaran item COA sendirian tanpa program, segeralah Anda curiga karena ini dapat menempatkan Anda pada posisi yang sulit. Menjadi korban COA sendirian tidak hanya berarti bahwa Anda akan kehilangan waktu yang sangat berharga, namun Anda juga tidak akan mendapatkan lisensi resmi untuk menjalankan piranti lunak. Cara terbaik untuk melindungi diri Anda sendiri adalah dengan membeli piranti lunak dari penyalur terkenal dan bereputasi baik. Undang-Undang Anti Pembajakan tahun 2003 telah menganggap kriminal terhadap penyalur yang tidak jujur dalam menyalurkan label COA sendirian.

Cari Bagaimana Mengenalinya

Perangkat Lunak Microsoft Asli
Perangkat Lunak Microsoft Asli

Pastikan perangkat lunak Anda sah dan didukung sepenuhnya oleh Microsoft. Pelajari lagi tentang berbagai keuntungan dari perangkat lunak Microsoft asli
Laporkan Dugaan Pembajakan
Laporkan Dugaan Pembajakan

Anda merasa telah menerima perangkat lunak palsu? Ingin melaporkan dugaan pembajakan?
Kategori Produk
Windows
Office
Rumah, Game, dan Xbox
Bisnis
Pembangun Sistem dan Profesional IT
Perangkat Keras
Semua Produk

Manage Your Profile
©2010 Microsoft Corporation. All rights reserved. Contact Us |Terms of Use |Trademarks |Privacy Statement


Membeli Perangkat Lunak Microsoft Asli

Perangkat lunak palsu dapat menjadi ancaman serius. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan sistem, kehilangan data, atau bahkan pencurian identitas, jadi penting sekali mengetahui bahwa Anda mendapatkan perangkat lunak Microsoft asli pada saat membeli. Cetaklah halaman ini dan bawalah bila Anda pergi berbelanja, karena lima pertanyaan berikut akan membantu Anda menentukan apakah perangkat lunak yang Anda beli adalah asli. Jika Anda belum siap membeli, tambahkan halaman ini ke favorit Anda agar mudah membaca kembali informasi ini di saat mendatang.
Cetaklah daftar periksa ini dan bawalah bila Anda sedang berbelanja perangkat lunak Microsoft asli.
Apakah saya membeli dari sebuah reseller ternama?

Belilah dari reseller yang hanya menjual perangkat lunak Microsoft asli. Carilah reseller ternama dengan menggunakan sumber daya setempat seperti kantor KADIN, Lembaga Konsumen, dan publikasi konsumen.

Selain penyalur lokal, Anda juga dapat melakukan pembelian perangkat lunak Microsoft asli secara online. Pelajari lagi tentang opsi download digital di www.microsoft.com/howtotell/digitalpurchases.
Apakah termasuk Certificate of Authenticity (COA)?

Certificate of Authenticity (COA) adalah label yang membantu Anda mengenali perangkat lunak Microsoft asli. Perangkat lunak ritel Microsoft dipasarkan dengan COA yang sudah ditempelkan pada bagian luar kemasannya. Jika COA tidak ada pada kemasan, berarti bukan perangkat lunak asli dan tidak berlisensi dengan benar. COA tidak dapat dibeli tanpa perangkat lunak yang mengesahkannya.

TIP: Apakah Anda membeli perangkat lunak dari pengecer, atau manufaktur kecil atau besar, COA yang mengesahkan perangkat lunak tersebut akan mempunyai fitur khusus yang membedakannya dari yang palsu. COA yang ada saat ini mempunyai Port-Hole™ dekat bagian tengah dengan jalinan benang yang tersusun secara vertikal melalui tengahnya. Fitur ini berubah-ubah, jadi pastikan sering-sering mengecek situs Bagaimana Mengenalinya untuk memastikan bahwa Anda mengetahui informasi terbaru.

Pelajari lagi tentang COA di www.microsoft.com/howtotell/coa.
Apakah termasuk Certificate of Authenticity (COA)?
Apakah termasuk disk holografik atau media pemulihan?

Sejumlah produk Microsoft dipasarkan pada CD atau DVD berhologram untuk melindunginya terhadap pemalsuan.

Disk hologram menampilkan gambar holografik pada permukaan disk. Gambar holografik ini merupakan bagian dari disk itu sendiri; bukan berupa stiker.

TIP: Periksa tepi disk dan pastikan hologram bukan berupa stiker. Cobalah mencongkel hologram dengan jari. Berhubung hologram menyatu dengan disk itu sendiri, maka ia tidak dapat dicongkel.

Catatan: Perangkat lunak Windows asli yang dibeli bersama komputer baru mungkin telah disertai dengan media pemulihan. Media pemulihan adalah disk instalasi yang digunakan untuk memulihkan perangkat lunak Microsoft Anda seandainya rusak. Manufaktur komputer Anda seharusnya menyediakan cara untuk memulihkan perangkat lunak Microsoft asli. Ini mungkin termasuk CD atau DVD berhologram, atau bentuk media lainnya.
Apakah kemasan produk dan dokumentasinya berkualitas tinggi?

Salah satu indikasi paling jelas apakah Anda membeli perangkat lunak Microsoft asli adalah kemasan dan dokumentasi yang diproduksi secara profesional.

TIP: Periksalah kemasan untuk memastikannya berkualitas tinggi. Seperti dikatakan di atas, Anda harus melihat COA yang ditempelkan pada bagian luar kemasan. Walau demikian, Anda tidak boleh melihat 25-karakter kode kunci produk di luar kemasan. Microsoft tidak akan mencetak kode kunci produk langsung pada kemasan perangkat lunak dan ia tidak akan terlihat sebelum membeli.

Pelajari lagi tentang penipuan lewat pemalsuan dan lihatlah gambar perangkat lunak palsu di www.microsoft.com/howtotell/counterfeit.
Apakah perangkat lunak yang berlisensi dengan benar untuk dijual?

Perangkat lunak dapat dijual dalam berbagai cara. Pelajari daftar tip berikut untuk memastikan bahwa perangkat lunak yang Anda beli telah berlisensi secara sah:

* Beberapa perangkat lunak hanya untuk dijual bersama sebuah komputer, bukan perangkat lunaknya saja
* Beberapa perangkat lunak dimaksudkan untuk didistribusikan dalam wilayah tertentu
* Menjual perangkat lunak bekas mempunyai persyaratan khusus (misalnya, biasanya perangkat lunak hanya akan dijalankan pada satu komputer)
* Perangkat lunak seharusnya mempunyai manual atau dokumentasi lain yang menyertainya
* Perangkat lunak percobaan dan promosi biasanya tidak dapat dijual kembali
* Perangkat lunak yang berlisensi khusus seperti perangkat lunak akademis seringkali dibatasi siapa yang dapat membeli perangkat lunak tersebut

TIP: Pastikan mengecek pada reseller dan menanyakan apakah perangkat lunak tersebut telah berlisensi dengan benar. Misalnya, perangkat lunak bertanda “Not for Resale” (NFR), promosional, dan perangkat lunak berlisensi khusus seperti versi akademis kadang-kadang dijual sebagai perangkat lunak versi penuh.

Penjualan atau penggunaan perangkat lunak Microsoft tunduk pada Perjanjian Ketentuan Lisensi Perangkat Lunak. Review ketentuan lisensi bagi perangkat lunak Microsoft Anda untuk memastikannya akan digunakan dengan benar.

Yang juga disertakan dalam perjanjian adalah larangan terhadap rekayasa terbalik, sewa-beli, atau penyewaan perangkat lunak dan larangan lain yang dikenakan pada perangkat lunak tertentu. Selain itu, perjanjian tersebut menerangkan ketentuan mengenai pembuatan cadangan atau salinan arsip perangkat lunak, dan merincikan garansi terbatas yang diberikan untuk produk.

Untuk informasi lebih lanjut tentang ketentuan penggunaan, kunjungi www.microsoft.com/useterms.
Apa yang dilakukan jika merasa ada yang tidak beres:

1. Jangan beli perangkat lunak tersebut.
2. Kirimkan laporan pemalsuan di www.microsoft.com/howtotell/report atau di piracy@microsoft.com. Dalam laporan Anda, jelaskan di mana Anda menemukan perangkat lunak tersebut dan apa yang tampak mencurigakan.
3. Pastikan Anda membeli dari sumber yang ternama seperti pengecer besar atau reseller lain yang terkenal.
4. Jika Anda ingin mengetahui apakah perangkat lunak yang sedang Anda jalankan adalah asli atau tidak, Anda dapat mengunjungi www.microsoft.com/genuine untuk memvalidasi salinan Windows Anda.




Tentang Galeri Pemalsuan

Perangkat lunak palsu adalah hasil penyalinan, reproduksi, atau pembuatan produk perangkat lunak yang tidak sah. Perangkat lunak palsu seringkali terlihat seperti asli dan kadang dijual dalam kemasan yang meniru kemasan manufaktur asli.
Galeri Pemalsuan

Galeri Pemalsuan menampilkan berbagai contoh perangkat lunak palsu dalam tiga kategori (pemalsuan kelas-bawah, kelas-menengah, dan kelas-atas). Semakin banyak yang Anda tahu tentang perangkat lunak palsu, semakin mudah memastikan bahwa yang selalu Anda beli adalah perangkat lunak Microsoft asli.

(Microsoft Silverlight diperlukan)

Luncurkan Galeri Perangkat Lunak Palsu sekarang.

Penipuan

Perangkat lunak palsu dapat berasal dari banyak sumber. Penting kiranya kita membeli perangkat lunak atau komputer yang disertai perangkat lunak dari reseller ternama. Beberapa penipuan umum yang harus dihindari adalah:

Perangkat lunak yang dibundel ulang


CD asli namun tidak ditujukan untuk dijual lagi, dibundel dengan COA dan EULA dari sumber yang ilegal. Dalam beberapa kasus, semua komponennya asli, namun semua itu tidak dibuat untuk dijual bersama, sehingga membuat seluruh produk tersebut palsu. Lihatlah teks seperti “Not For Resale” pada CD dan nama perusahaan pada COA selain nama perusahaan asal tempat Anda membeli perangkat lunak tersebut atau singkatan OEM jika Anda tidak membeli perangkat lunak siap instal pada PC. Situs Bagaimana Mengenalinya dapat membantu memeriksa apakah perangkat lunak Anda disertai dengan komponen yang benar.
Situs Web lelang


Business Software Alliance (BSA) memperkirakan “sebagian besar” perangkat lunak pada situs lelang adalah palsu. Penjualnya mungkin mengklaim rendahnya harga karena “produk likuidasi” atau karena memiliki perjanjian dengan Microsoft. Mereka mungkin mengatakan bahwa disk tersebut adalah salinan cadangan atau menawarkan harga khusus untuk CD kompilasi (bersama perangkat lunak dari berbagai penerbit pada satu disk atau CD). Informasi dari BSA tentang belanja perangkat lunak secara online.
Pesan e-mail sampah


Pesan e-mail yang mengklaim harga diskon besar-besaran untuk perangkat lunak Microsoft boleh jadi adalah penipuan. Banyak yang mengalihkan Anda ke berbagai situs yang menyolok di mana Anda dapat membeli produk palsu dengan harga murah. Dalam banyak kasus, informasi yang Anda gunakan saat membeli produk palsu (nama, alamat, kartu kredit) kemudian digunakan untuk melakukan pencurian identitas atau penipuan kartu kredit. Sepuluh tip dari BSA untuk menghindari pembajakan online.
Bertransaksi dari wilayah lain


Cobalah membeli secara lokal untuk menghindari penipuan dari wilayah lain. Perangkat lunak seringkali dicuri di satu wilayah dan dijual murah di wilayah lain. Bentuk lainnya, para pemalsu dari wilayah lain mungkin menawarkan agar Anda membeli beberapa unit produk sekaligus untuk mendapatkan harga yang sangat murah sehingga Anda dapat menjualnya secara online, yang menjanjikan Anda akan menghasilkan banyak uang. Ternyata, Anda mungkin harus membayar denda yang besar karena berdagang produk palsu sementara pemalsu sebenarnya mengantongi uang Anda.
Download selain dari Microsoft.com


Microsoft tidak mengizinkan situs Web lain menawarkan perangkat lunak Microsoft. Sebagian dari download palsu ini mungkin berisi virus atau kode yang rusak. Satu-satunya cara untuk mendownload perangkat lunak Microsoft asli adalah melalui Microsoft.com. Download perangkat lunak coba-pakai Microsoft asli.
Pengisian hard disk


Kadang, tidak ada yang dapat Anda lihat dan konfirmasikan apakah perangkat lunak Anda adalah asli. Anda membayar seseorang untuk menginstal perangkat lunak atau Anda membeli PC berisi perangkat lunak siap instal, namun penjualnya tidak memberi Anda CD, COA, atau EULA. Yang Anda dapat adalah perangkat lunak tersebut sudah dimasukkan pada hard disk Anda. Kecuali jika perusahaan Anda memiliki lisensi borongan, maka Anda setidaknya Anda harus memiliki COA. Pelajari lagi tentang COA.
Pedagang kaki lima


Di banyak wilayah, para pedagang kaki lima menjual perangkat lunak palsu, baik secara terang-terangan atau kepada orang yang tahu “cara” membelinya. Baik Anda tahu ataupun tidak cara membelinya, Anda dapat menghindari pemalsuan dengan tidak membelinya dari pedagang kaki lima.
Tampilkan Pesan E-mail Sampah

Anda dapat menggunakan Galeri Perangkat Lunak Palsu untuk melihat ciri-ciri umum perangkat lunak palsu.
Link-link Terkait
Ketahui apa yang harus dilakukan jika Anda merasa jadi korban pemalsuan perangkat lunak.
Cari reseller resmi untuk membeli perangkat lunak Anda.
Dapatkan tip untuk memastikan keaslian perangkat lunak yang Anda beli.
Pelajari lagi tentang berbagai keuntungan dari perangkat lunak Microsoft asli.
Laporkan atau pelajari lagi tentang pembajakan.

Cari Bagaimana Mengenalinya

Perangkat Lunak Microsoft Asli
Perangkat Lunak Microsoft Asli

Pastikan perangkat lunak Anda sah dan didukung sepenuhnya oleh Microsoft. Pelajari lagi tentang berbagai keuntungan dari perangkat lunak Microsoft asli
Laporkan Dugaan Pembajakan
Laporkan Dugaan Pembajakan

Anda merasa telah menerima perangkat lunak palsu? Ingin melaporkan dugaan pembajakan?
Kategori Produk
Windows
Office
Rumah, Game, dan Xbox
Bisnis
Pembangun Sistem dan Profesional IT
Perangkat Keras
Semua Produk

Manage Your Profile
©2010 Microsoft Corporation. All rights reserved. Contact Us |Terms of U
Diposkan oleh RADAR JAMBI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar