Senin, 30 Agustus 2010

Sikap Rama Lumrah, tapi Disayangkan

Pembohongan kepada publik yang dilakukan oleh blogger Eko Ramaditya Adikara ditanggapi beragam oleh para blogger Indonesia. Ada yang kaget dan menyayangkannya, tetapi ada pula yang memakluminya.
Kasus kayak gini adalah hal yang mudah terjadi di dunia maya. Di internet itu, untuk bisa dipercaya itu adalah dengan membangun reputasi. Sayangnya, Ramaditya melakukannya dengan cara yang salah
-- Eko Juniarto
Seperti diberitakan sebelumnya, Rama meminta maaf karena telah melakukan pembohongan kepada publik mengenai klaimnya sebagai penggubah lagu yang menjadi soundtrack dalam beberapa game Jepang. Ia mengaku melakukan itu untuk meningkatkan popularitasnya sebagai seorang komposer musik tunanetra.
Sejumlah blogger yang dihubungi Kompas.com menyayangkan sikap Rama tersebut. Bagaimanapun juga, Rama sudah mampu membelalakkan mata sebagian orang Indonesia dengan kemampuannya sebagai blogger. Apalagi, ia kemudian membuat buku Blind Power: Berdamai dengan Kegelapan.
"Aku pernah lihat bukunya. Kagum saja sih waktu itu. Orang kita yang lengkap (secara fisik) saja belum tentu bisa seperti itu," kata Leonita Julian yang acap menulis online diary di www.leonisecret.com.
Eko Juniarto, pemilik ryosaeba.wordpress.com, menganggap tindakan plagiarisme yang dilakukan Rama itu adalah hal lumrah di jagat maya. Seseorang bisa dengan mudah melakukannya untuk meraih kepercayaan dari sesama netter.
"Kasus kayak gini adalah hal yang mudah terjadi di dunia maya. Di internet itu, untuk bisa dipercaya itu adalah dengan membangun reputasi. Sayangnya, Ramaditya melakukannya dengan cara yang salah," kata Eko, yang belakangan ini gencar membahas plagiarisme sebuah media massa online di dalam blognya.
Eko menyayangkan sikap Rama yang terkesan tidak kapok dengan perbuatannya tersebut. "Dulu dia pernah ketahuan juga, tapi sebulan kemudian dia tampil di televisi dengan sikap yang sama," ungkap Eko.
"Kalau cuma untuk tenar, dia dengan tunanetra (dan menjadi blogger) itu sudah terkenal," kata Maria Golda yang menulis online diary di www.9olda.net sejak 2005. "Menurut aku, (dengan pembohongan kepada publik itu) dia menurunkan integritas dia saja."
Rama sudah meminta maaf kepada publik tentang kesalahannya tersebut. Buku Blind Power: Berdamai dengan Kegelapan juga sudah ditarik dari peredaran, meskipun hal itu tak menutupi kemampuannya sebagai blogger tunanetra yang mahir mengetik cepat.

2 komentar:

  1. Halo, saya Rasheeda Muhammad dari Indonesia, dan saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk memperingatkan semua orang di sini untuk berhati-hati dari semua pemberi pinjaman pinjaman yang menimbulkan menjadi nyata. Mereka semua penipuan dan palsu dan niat mereka adalah untuk merobek Anda dari uang Anda sulit diperoleh. Saya telah menjadi korban pinjaman perusahaan ini tetapi tidak ada yang mampu memberikan pinjaman saya mencari sampai aku datang di Ibu Amanda Amanda Badan Kredit. Dia menawarkan saya pinjaman pada tingkat bunga yang terjangkau dari 2% dengan hanya beberapa formalitas dan requirements.After saya bertemu dengan persyaratan dan kondisi perusahaan, pinjaman saya disetujui dan saya sangat mengejutkan, itu ditransfer ke rekening bank saya dalam waktu kurang dari 24 jam. Anda dapat menghubungi Ibu Amanda melalui emailnya amandaloan@qualityservice.com dan Anda juga dapat menghubungi saya di rasheedamuhammad10@gmail.com saya email saya hanya bersaksi Ibu Amanda akan baik dan bantuan yang diberikan kepada dia saya dan keluarga saya dan saya juga ingin Anda menjadi penerima manfaat dari tawaran pinjaman nya.

    BalasHapus
  2. Halo, nama saya Laima, saya adalah korban di tangan kreditur penipuan saya telah ditipu 27 juta, karena saya butuh modal besar dari 140 juta, saya hampir mati, tidak ada makanan untuk anak-anak saya, bisnis saya adalah hancur dalam proses saya kehilangan suami saya. Saya dan anak-anak saya tidak tahan lagi .all ini terjadi Januari 2015, tidak sampai saya bertemu seorang teman yang memperkenalkan saya kepada ibu ibu yang baik Alexandra yang akhirnya membantu saya mendapatkan mengamankan pinjaman di perusahaannya, ibu yang baik, saya ingin menggunakan kesempatan ini terima kasih dan Allah terus memberkati Anda, saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberitahu semua orang Indonesia, bahwa ada banyak penipuan di luar sana, jika Anda membutuhkan pinjaman dan kontak pinjaman dijamin ibu yang baik Alexandra melalui email perusahaan. alexandraestherloanltdd@gmail.com
    atau alexandraestherfastservice@cash4u.com,
    Anda dapat menghubungi saya melalui email ini; laimajelena@gmail.com untuk setiap informasi yang Anda perlu tahu, silakan dia adalah satu-satunya orang yang jujur saya dapat memberitahu Anda.
    Terima kasih

    BalasHapus