Rabu, 03 November 2010

DARI PESTA DANAU KERINCI: PENARI DITUSUK TOMBAK SAAT MENARI DI ATAS BARA API (DARI PESTA DANAU KERINCI)

KERINCI:


JALAN MENUJU TEMPAT ACARA PESTA DANAU TETAP AJA BEGINI DUH'' KASIHAN ORANG KERINCI''



JAMBI EKSPRES:

Tampilkan 100 Penari di Danau Kerinci
Tombak secara tiba-tiba yang diarahkan pada seorang perempuan yang sedang menari, membuat semua penonton yang berada di panggung histeris. Penonton mengira perempuan tersebut akan tewas bersimbah darah.
Namun, setelah atraksi selesai, ratusan penonton berbalik kagum karena sang penari tidak terluka sedikitpun. Bahkan, tombak tersebut patah karena tidak berhasil menembus tubuh sang penari. Lalu penonton pun memberikan tepuk tangan untuk sang penari yang kebal itu.
Atraksi itu, adalah salah satu adegan yang ditampilkan kelompok tarian niti mahligai, yang dipersembahkan di hadapan Gubernur Jambi, Hasan Basri Agus (HBA) dan undangan lainnya, pada pembukaan Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci (FMPDK), Rabu (27/10).
Sebelum memasuki arena, seorang hulu balang (panglima.red) yang membawa api kemenyan dan memberikan penghormatan kepada penonton, yang diikuti atraksi pencak silat, menggunakan pedang.
Usai menampilkan pencak silat, seratus penari yang semuanya merupakan kaum perempuan mulai memasuki arena. Menariknya, penari-penari tersebut harus menginjak pecahan kaca yang sudah disiapkan oleh petugas. Namun dengan penuh percaya diri, penari tersebut tidak terluka sedikitpun.
Aksi selanjutnya adalah menginjak butiran telur mentah yang diletakkan diatas mangkok. Aksi ini membuktikan bahwa saat menari mereka mampu meringankan tubuh sehingga telurpun tidak pecah saat diinjak.
Pembuktian meringankan tubuh kembali berlanjut dengan mengangkat sang penari hanya dengan selembar kertas tipis. Sebelumnya penari akan duduk diatas selembar kertas, yang nantinya akan diangkat oleh pembantu. Hal yang tidak masuk akalpun kembali terlihat, kertas yang tipis tersebut ternyata mampu menahan berat badan penari.
Berikutnya, tiga orang penari yang menampilkan atraksi diminta menari diatas ratusan mata paku, dan bambu runcing. Secara logika, jelas kaki sang penari akan dipenuhi luka. Namun ternyata tidak, penari juga tidak mendapat luka sedikitpun.
Pertunjukan tidak hanya sampai disitu saja, penari lantas berjalan diatas mata pedang yang sudah diasah tajam. Konon katanya, pedang tersebut harus diasah selama seharian agar lebih tajam, jika tidak penari bisa cidera.
Pertunjukanpun kian memanas. Usai berjalan diatas pedang, tiga orang penari inipun akan dihujam dengan beberapa buah tombak. Atraksi menghujamkan tombak ke badan penari, baru akan berhenti setelah tangkai tombak tersebut patah. Atraksi ini kembali membuktikan bahwa sang penari memiliki ilmu kekebalan tubuh yang sangat luar biasa.
Banyak orang yang hanya tahan dengan besi saja kata Eva Bram pawang tari, namun tiga orang penari akan membuktikan mereka mampu bertahan dari benda tajam jenis apapun, termasuk kayu dan bambu. Mereka akan dihujam menggunakan tombak, sampai tombak patah,” sebut Eva Bram, saat dikonfir


SEPULUH DANAU TERTINGGI DI INDONESIA SALAH SATU NYA DANAU GUNUNG TUJUH YANG LEBIH INDAH DARI DANAU KERINCI.

10. Danau Tigi (1948 m dpl)
Berada di ketinggian 1948 meter diatas permukaan laut di Kabupaten Paniai, Papua. Danau tigi memiliki sebuah pulau kecil ditengahnya seperti danau Toba di Sumatera, dimana di pulau kecil itu terdapat batu dengan sebuah jejak manusia dan anjing, masyarakat setempat menggambarkan jejak tersebut sebagai pertahanan hidup di alam liar.

9. Danau Anggi Gigi (1953 m dpl)
Anggi Gigi adalah danau yang terletak di Pegunungan Arfak pada ketinggian sekitar 1.953 meter di atas permukaan laut dengan kisaran suhu 8-20 derajat Celcius, memiliki pemandangan yang indah dengan bukit-bukit kurva yang tertutup tanaman sub-alpine.

8. Danau Gunung Tujuh (1983 m dpl)
Danau Gunung Tujuh adalah salah satu dari banyak danau di Kabupaten Kerinci di propinsi Jambi. Ini adalah tempat wisata yang menakjubkan untuk dikunjungi. Lokasi Danau Gunung Tujuh adalah di Kecamatan Kayu Aro. Sekitar 50 km dari Sungai Penuh ke desa Pelompek.

7. Danau Segara Anak (2010 m dpl)
Tersembunyi di dalam kawah besar Gunung Rinjani, Pulau Lombok. Karena keindahan alam dan sumber air terbanyak di dareah ini sering dijadikan tempat peristirahatan bagi para pendaki yang ingin menggapai puncak Rinjani. Ditengah danau Segara anak terdapat Gunung Barujari yang masih aktif.

6. Danau Ranu Pani (2162 m dpl)
Danau Ranu Pani terletak di desa Ranu Pani, kaki gunung Semeru, Jawa Timur. Jika ingin mendaki Gunung Semeru, keindahan danau ini sering menggoda para pendaki untuk mampir sejenak menikmati keindahan alam.

5. Danau Tage (2192 m dpl)
Teletak di Kabupaten Paniai, 5 km dari Ibukota Painai-Madi, Papua. Untuk menikmati keindahan alamnya anda harus menempuh perjalanan yang cukup menantang, jalur akses ke danau Tage bisa menggunakan pesawat mendarat di kota Enarotali, kemudian diteruskan menaiki speedboat ke pelabuhan Wotai selama 30 menit dan perjalanan jalan kaki naik turun gunung selama 30 menit. Hingga akhirnya anda dapat menyaksikan indahnya Danau Tage.

4. Danau Ranu Regulo (2256 m dpl)
Masih di kaki Gunung Semeru, terletak tidak jauh dari Danau Ranu Pani, danau ini berada di ketinggian 2256 meter di atas permukaan laut.

3. Danau Ranu Kumbolo (2469 m dpl)
Terletak di kaki Gunung Semeru, dibanding dengan Ranu Pani dan Ranu Regulo, Danau ini yang paling sering dikunjungi oleh para pendaki yang hendak mendaki puncak Semeru. Danau ini berada di ketinggian 2469 meter di atas permukaan laut dengan suhu 1-5 derajat Celcius pada malam hari.

2. Danau Kumbang (2702 m dpl)
Terletak di Gunung Masurai, Jambi. Di daerah gunung Masurai ini terdapat dua danau yaitu danau Kumbang dan danau Mabok. Dari danau Kumbang kita bisa melihat keindahan alam hutan hujan Sumatra dan Gagahnya Gunung Kerinci.

1. Danau Habema (3321 m dpl)
Berada di tengah lembah yang sangat indah di Pegunungan Trikora, Papua. Danau ini berada di ketinggian 3321 meter di atas permukaan laut. Danau ini sering menjadi tempat peristirahatan bagi para pendaki yang ingin mendaki puncak Trikora. Dengan dikelilingi vegetasi alam pegunungan berupa anggrek dan apabila cuaca cerah anda dapat melihat gagahnya puncak Trikora.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar